PRESS RELEASE

Pelatihan Fiber Optic Palapa Ring Timur di Ruteng, Disambut Secara Adat

Kupang | 01 Juli 2022
Ruteng adalah ibukota kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur yang menjadi tujuan lanjutan dari kegiatan sharing session fiber optic Palapa Ring Timur, 1 Juli 2022.

Dihadiri langsung oleh Phillip Gobang (staf khusus Menkominfo), Danny Januar (Direktur LTI untuk Masyarakat dan pemerintah, BAKTI Kominfo), Herbertus G.L Nabit (Bupati Manggarai), dan Eddy Siahaan - (Direktur Operasional PTT).

Disambut dengan adat tuak curu (pemberian tuak) sebagai simbol penyerahan kepada tamu yang datang untuk bergembira, lalu dilanjutkan dengan pengalungan kain tenun dan pemberian songkok tenun khas NTT oleh petuah adat.

Tidak hanya sampai di situ, sambutan secara adat juga dilakukan dengan menampilkan tarian tiba meka, yang merupakan tarian tradisional Manggarai untuk menyambut tamu kehormatan yang tiba di wilayahnya. Tarian ini dibawakan langsung oleh siswa-siswi dari SMK St Petrus, Ruteng. SMK St Aloisius menjadi lokasi kegiatan sharing session Fiber Optic Palapa Ring Timur di Ruteng, dihadiri 150 peserta yang berasal dari siswa SMK St Aloisius jurusan Multimedia dan SMK St Petrus jurusan Teknik Komputer dan Jaringan.

Sebagai putra daerah di wilayah Manggarai, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate juga turut hadir secara virtual untuk memberi semangat kepada putra-putri daerahnya. Beliau mengungkapkan rasa senangnya karena kegiatan ini dapat berlangsung di Ruteng, Manggarai, NTT.

PT Palapa Timur Telematika juga memiliki putra daerah Manggarai yang telah menjadi bagian dari pembangunan di Palapa Ring Timur yaitu Yustinus Mulianto sebagai manager Radio Microwave, hal itu sekaligus menjadi motivasi untuk siswa-siswi dapat mengikuti jejaknya. Kegiatan ini berlangsung secara virtual dengan di SMKN 1 Kupang. Kegiatan pengenalan fiber optic dan praktik penggunaan alat diikuti secara antusias oleh siswa dan siswi.

"Kami mengucapkan apresiasi kepada PT Palapa Timur Telematika atas upayanya dan inisiatifnya untuk memberikan pelatihan, karena ini sesuai dengan visi BAKTI, dimana menteri selalu menginstruksikan untuk sebisa mungkin mengupaya dan melibatkan talenta-talenta muda setempat". Danny Januar - Dirut LTI untuk Masyarakat dan Pemerintah, BAKTI Kominfo.

"Saya sebagai bupati Manggarai, saya ingin menitipkan anak-anak kami. Mudah-mudahan mereka bisa menjadi tenaga-tenaga lokal yang bisa menyatukan Indonesia. Tidak hanya bekerja di Flores NTT, tapi juga ditempat-tempat lain. Saya mengucapkan terima kasih kepada PT Palapa Timur Telematika, Kominfo dan BAKTI karena kami jadi prioritas untuk penyelenggaraan kegiatan ini". - Herbertus G.L Nabit - Bupati Manggarai.

“Pelatihan ini menjadi salah satu cara PTT untuk dapat berkontribusi langsung dalam pengembangan masyarakat sekitar, sekaligus mengedukasi pentingnya jaringan Palapa Ring Timur. Harapannya dengan adanya kegiatan ini kita bisa menemukan bibit-bibit muda yang berkompeten yang nantinya dapat berkontribusi secara langsung terhadap kemajuan telekomunikasi di wilayahnya masing-masing” - Eddy Siahaan, Direktur Operasional PT Palapa Timur Telematika

Untuk informasi lebih lanjut silahkan menghubungi:
Humas PT Palapa Timur Telematika